Home » , , » Bunkasai Festival Budaya Jepang yang paling digemari

Bunkasai Festival Budaya Jepang yang paling digemari





Bunkasai dalam Indonesia berarti festival budaya (dalam konteks ini budaya Jepang), di Jepang sendiri bunkasai adalah hari di mana sekolah mengadakan festival yang terbuka untuk umum. Bunkasai diadakan dari tingkat taman kanak – kanak hingga tingkat universitas. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sekolah kepada umum dan mengembangkan kreativitas murid. Indonesia mungkin lebih kita kenal dengan istilah “Open House”.



Menurut pedoman Kurikulum oleh Departemen Pendidikan (文部科学省 Monbu-kagaku-shō), festival budaya merupakan bagian dari kegiatan khusus dan didefinisikan sebagai 'acara yang bertujuan untuk menggunakan hasil belajar setiap hari untuk meningkatkan motivasi'. Jadi, setiap murid dari sekolah tersebut turut berpartisipasi dalam bunkasai.





Ada berbagai macam hal yang bisa murid-murid lakukan dalam bunkasai, seperti membuka cafe, stand makanan, game corner, menampilkan bakat musik, bahkan menyulap kelas mereka menjadi Obakeyashiki yaitu rumah hantu! Biasanya, setiap kelas akan mengadakan rapat untuk membahas apa yang akan mereka lakukan dalam bunkasai. Setelah disepakati, mereka akan melaporkan kepada panitia OSIS. Selain itu, mereka juga menghias seluruh sekolah dengan pernak-pernik dan menambah meriah suasana
Biasanya persiapan Bunkasai sudah dipersiapkan seminggu sebelum acara. Para pelajar jepang menyiapkan berbagi hiasan dan konsep berdasarkan tema yang telah disepakati kelas. Dalam Bunkasai ini, semua kelas harus wajib membuat suatu tema untuk menarik para pendatang yang biasanya terdiri dari orang tua, tamu undangan, maupun sekolah lain.




            Bunkasai ini juga merupakan salah satu ajang tahunan yang sangat ditunggu oleh pelajar di Jepang.Bunkasai biasanya diadakan 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu. Ada sekolah yang mengadakannya pada musim gugur yaitu sekitar tanggal 3 November di mana hari itu diperingati sebagai Hari Budaya, namun ada juga sekolah yang mengadakan bunkasai pada musim panas.
Nah, bagaimana dengan bunkasai di Indonesia? Kalau di Jepang bunkasai hanya dibuat oleh murid sekolah, berarti bunkasai di mall-mall Indonesia itu harusnya bukan bunkasai, dong? Kalau di Indonesia, bunkasai memiliki makna festival budaya. Jadi tidak harus sekolah yang mengadakan, komunitas – komunitas juga dapat mengadakan bunkasai bahkan ada lho bunkasai yang diadakan dengan kerjasama antara Kedutaan Jepang di Indonesia dengan pemerintah Indonesia. Yang pasti, kita bisa merasakan budaya Jepang di festival tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

My Visual Novel Project

Visual Novel Pena Semangat

Post Top Ad

LightBlog

Post Top Ad

Your Ad Spot

Archive

Post Top Ad

Your Ad Spot

Author Details

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat.

Breaking

Music

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Recent News

Facebook Fanspage

Site Info

Recent

About Me

Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.
Read More

Comment

 
Copyright © 2015 Aniblogsan
Distributed By Gooyaabi Templates